Kamis, 07 November 2019

Ini Bedanya, Certificate SSL Gratis dan SSL Berbayar


Jika kamu memiliki sebuah website apalagi untuk kepentingan bisnis, agaknya menjaga keamanan website merupakan hal yang wajib dilakukan. Salah satu cara mengamankan sebuah website adalah dengan memasang SSL.

SSL atau Secure Socket Layer adalah lapisan keamanan untuk melindungi transaksi di website Anda dengan teknologi enkripsi data yang canggih. Pada website dengan SSL maka alamatnya berubah menjadi https dan muncul tanda padlock (gembok) di address bar browser yang bisa di-klik untuk melihat jenis SSL, teknologi enkripsi yang dipakai dan siapa identitas pemilik website.

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan jika sebuah website menggunakan atau memasang SSL, antara lain :

  • Meningkatkan kepercayaan pengunjung website untuk melakukan transaksi atau bisnis dengan Anda.
  • Mengamankan transaksi yang ada di website dengan enkripsi termasuk data kartu kredit, password, dll.
  • Website yang menggunakan SSL/HTTPS mendapatkan ranking SEO yang lebih baik dari Google dibanding dengan website yang tidak diproteksi dengan SSL.
  • Berhak menampilkan SSL Secured Seal di website.
  • Meningkatkan penjualan atau conversion rate di website sebagai hasil dari kepercayaan konsumen yang meningkat.
  • (EV SSL) Meningkatkan prestisius perusahaan Anda dengan green bar dan nama perusahaan di address bar browser.
  • (EV SSL dari Symantec) Mendapatkan layanan free malware scanning dan security vulnerability assessment gratis dari Symantec.
Untuk mendapatkan certificate SSL pemilik website mempunyai dua pilihan, yaitu dengan membeli dari penyedia SSL. Salah satu penyedia SSL murah di Indonesia adalah gudangssl.id. Gudangssl menjual certificate SSL Indonesia dengan harga yang murah dan juga pilihan yang lengkap. Cara kedua yaitu dengan menggunakan SSL gratis yang banyak beredar di Internet dan dapat digunakan tanpa ada biaya apapun.

Namun menggunakan SSL gratis tentu pinya banyak kekurangan seperti rentang validitas hanya 30-90 hari selain itu kekurangan SSL gratis lainnya adalah memiliki limit pengguna, misalnya 100 jika saat ini ada 100 pengguna, dan besok penggunanya bertambah, ada kemungkinan kita akan kehilangan sertifikat SSL pada saat renewal. Padahal kehilangan sertifikat SSL akan memicu warning kepada para pengunjung situs kita, bahwa situs tidak aman.

Kekurangan lainnya, saat website kehilangan SSL gratis yang digunakannya maka Google akan memberikan warning kepada situs tersebut, ditambah lagi aka nada kemungkinan penalti dan penurunan peringkat indexing akibat kehilangan free SSL certificate.

Tidak ada layanan support jika terjadi masalah dalam penerapan atau renewal free SSL, Tidak ada jaminan ganti rugi jika terjadi kebocoran data, Tidak kompatibel di semua jenis browser, Tidak didukung oleh penyedia layanan SSL terpercaya adalah beberapa kekurangan lainnya saat menggunakan SSL gratis. Ditambah lagi SSL garis hanya mendukung SSL bertipe domain validated, dan hanya mendukung single domain SSL.

Berbeda jika sebuah website menggunakan SSL berbayar, website tersebut akan mempunyai banyak keuntungan. Keuntungan yang didapat saat menggunakan SSL berbayar antara lain termin penggunaan sertifikat lama, 1 tahun hingga 2 tahun, mempunyai jaminan garansi 99% uptime dan 99% browser compatible.

Dengan menggunakan SSL berbayar kamu juga akan mendapatkan dukungan support 24 jam dari tim teknis, Jaminan dari resiko kebocoran data. Selain itu menggunakan SSL berbayar juga akan mengurangi resiko peringkat indexing yang turun. Ditambah lagi akan didukung penyedia layanan SSL terpercaya sehingga membuat keamanan lebih baik dengan adanya opsi Organisation Validated dan Extended Validated.

0 komentar:

Posting Komentar