Rabu, 27 November 2019

14 Gejala Kanker Mulut yang wajib anda waspadai.


Sumber : jawapos.com

Menurut Hellosehat kanker adalah pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh yang awalnya sehat berubah menjadi sel kanker. Karena kanker dimulai dari sel maka ia dapat menyerang bagian tubuh manapun, termasuk mulut dan tenggorokan. Kanker mulut dan tenggorokan berada diperingkat ke-enam sebagai kanker yang secara global paling banyak menyerang.

Dilansir dari klikdokter bahwa kanker mulut dapat meliputi dasar mulut, langit-langit rongga mulut, pipi, tenggorokan dan lidah. Untungnya gejala kanker mulut ini dapat dikenali sejak dini. Dengan begitu, dapat dilakukan penanganan yang tepat supaya sel-sel kanker tidak menyebar dan semakin parah. Gejala kanker mulut biasanya di awali dengan sariawan yang tak kunjung sembuh, rasa sakit di dalam mulut, dan juga bercak putih atau merah.

Untuk keterangan lebih jelas, berikut ulasan mengenai gejala kanker mulut.

1. Nyeri mulut

Nyeri mulut merupakan salah satu gejala yang paling sering dirasakan oleh banyak orang penderita kanker mulut. Jika anda merasakannya dan sakitnya tak kunjung sembuh. Segeralah anda periksakan ke dokter.

2. Terdapat penebalan atau benjolan di pipi

Munculnya benjolan ini umumnya disebabkan oleh penebalan pada dinding dalam mulut. Hal ini biasanya dialami oleh penderita sakit gigi atau penyakit yang berkaitan dengan mulut lainnya. Waspadalah jika benjolan tersebut semakin lama semakin membesar, bisa jadi itu bagian dari gejala kanker mulut.

3. Munculnya bercak putih atau merah pada mulut atau tenggorokan

Munculnya bercak putih atau merah pada mulut dan tenggorokan ini bisa menjadi gejala kanker mulut atau perkembangan pra-kanker. Dikutip dari honestdoc bahwa bercak putih pada mulut disebut leukoplakia dan begitu pula bercak merah pada mulut disebut erytroplakia. Memang bercak ini kadang hanya masalah mulut biasa, namun jika dibiarkan bisa berakibat fatal.

4. Tenggorokan sakit saat menelan

Rasa sakit atau sensasi terbakar saat mengunyah dan menelan makanan biasaya dirasakan oleh penderita. Begitu pula rasa sakit saat menelan juga dirasakan. Hal ini disebabkan oleh penyempitan kerongkongan (foodpipe) yang berbahaya bagi kesehatan mulut.

5. Lidah mati rasa

Kanker mulut juga ditandai dengan lidah yang mati rasa. Hal ini menyebabkan seseorang tidak dapat merasakan rasa dari sebuah makanan, sehingga nafsu makan menjadi menurun.

6. Sakit gigi atau rahang

Sakit gigi biasaya ditandai dengan munculnya rasa nyeri di bagian gigi atau rahang. Namun, anda perlu waspada jika sakit gigi atau rahang anda tak kunjung sembuh. Memungkinkan jika itu bagian dari gejala kanker mulut.

7. Gigi goyang atau lepas tanpa sebab yang jelas

Anda harus waspada saat gigi anda terasa goyang atau lepas tanpa sebab yang jelas. Karena ada kemungkinan jika anda terkena kanker mulut. Lakukan pemeriksaan ke dokter, agar dapat melakukan pencegahan sebelum penyakit ini semakin parah.

8. Perubahan suara

Suara dapat menjadi parau atau serak apabila anda terserang kanker mulut. Hal ini terjadi karena kanker mulut menjalar hingga pita suara. Biasanya dalam kondisi ini anda akan kesulitan untuk mengucapkan beberapa kata.

9. Bau mulut

Bau mulut menjadi masalah yang sering kali dialami oleh kebanyakan orang. Jika anda telah melakukan banyak upaya untuk mengatasinya seperti sikat gigi secara teratur dan bau mulut tak kunjung hilang. Sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter, bisa jadi anda terjangkit kanker mulut.

Selain gejala-gejala di atas, terdapat gejala lain seperti benjolan atau penebalan bibir, benjolan pada tenggorokan, pendarahan yang tidak biasa atau mati rasa di mulut, gigi goyang tanpa alasan yang jelas dan kesulitan menggerakkan rahang. Semoga informasi tadi bermanfaat bagi anda. Sekian, terima kasih. 

0 komentar:

Posting Komentar