Kamis, 23 Mei 2019

5 Alasan Banyak Orang Lebih Memilih Asuransi Syariah


Tidak bisa dipungkiri bahwa sekarang ini sudah banyak sekali jenis asuransi yang bisa dijadikan pilihan. Tidak terkecuali produk asuransi syariah yang juga semakin beragam dengan  berbagai manfaatnya. Jangan heran apabila kemudian jenis asuransi yang satu ini semakin diidamkan oleh banyak orang. Hal ini terutama dikarenakan lima alasan seperti yang akan dijelaskan berikut ini. 

1. Adanya DPS atau Dewan Pengawas Syariah 
Salah satu alasan banyak orang ragu memilih asuransi konvensional adalah jaminan keamanan dananya yang patut dipertanyakan. Hal tersebut tidak akan sampai terjadi apabila Anda menjatuhkan pilihan pada asuransi syariah. Pasalnya asuransi syariah ini dinaungi oleh Dewan Pengawas Syariah yang melakukan pengawasan guna melindungi dan juga memastikan hak dari para nasabah seperti Anda. 

2. Menggunakan Sistem Tolong Menolong 
Alasan berikutnya yang membuat banyak orang menjatuhkan pilihan pada jenis asuransi ini adalah karena sistemnya yang berdasarkan asas tolong menolong. Sistem ini memungkinkan antara satu nasabah dengan nasabah lainnya untuk saling membantu apabila diperlukan. Jadi dapat dikatakan perusahaan asuransi syariah bertugas untuk mengelola dana hibah dari para nasabah saja. 

3. Menggunakan Konsep yang Lebih Mendetail
Konsep yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi syariah juga bisa dibilang lebih mendetail dibanding konsep dari perusahaan asuransi konvensional. Hal ini pastinya akan berdampak langsung pada kepercayaan yang diberikan oleh nasabah. Hal ini akan membuat nasabah tidak ragu untuk menggantungkan harapannya pada konsep asuransi syariah ini. 

4. Kepemilikan adalah Sepenuhnya Hak Peserta 
Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa ketika Anda membayar premi kepada perusahaan asuransi konvensional maka sebagaian dari dana itu akan digunakan oleh perusahaan tersebut. Lain ceritanya dengan asuransi syariah, di mana dana yang disetorkan adalah sepenuhnya hak peserta. Tugas dari perusahaan asuransi syariah hanyalah mengelolanya saja. 

5. Tidak Mengenal Sistem Hangus 
Alasan terakhir adalah karena asuransi syariah tidak mengenal sistem hangus dalam konsepnya. Seperti diketahui, asuransi konvensional akan mengambil hak Anda ketika Anda tidak mampu melanjutkan membayar premi di tengahjalan durasi polis. Hal tersebut tidak akan terjadi apabila Anda menggunakan asuransi syariah ini. 

Dengan mengetahui semua alasan yang sudah dijelaskan di atas pastinya membuat Anda semakin yakin untuk memilih jenis asuransi ini. Hanya saja untuk semakin tepat, lebih baiknya lagi untuk mengetahuiprodukasuransisyariah yang memangtepat untuk Anda. 

0 komentar:

Posting Komentar