Senin, 16 Juli 2018

Flawless makeup ala barat vs radiant makeup Korea, mana yang paling cocok buat kita?


Kalau menyebut makeup ala barat barangkali yang ada di benak kita adalah bibir bold Kylie Jenner atau Kim Kardashian dan teknik contour-nya yang hits itu. western makeup memang mengedepankan tampilan flawless dengan bibir bold, tulang pipi menonjol, matte finish, dan alis cetar. Selebriti dan beauty vlogger yang mengadopsi gaya ini antara lain Syahrini, Aurel Hermansyah, dan Tasya Farasya.

Sementara itu, makeup Korea yang sedang digandrungi para wanita muda saat ini lebih fokus pada kulit yang bening bercahaya, gradient lips, puppy eyes, dan alis lurus. Selebriti dan beauty influencer tanah air yang hobi dengan gaya makeup seperti ini antara lain Chika Jessica, Emily Young Ryu, dan Prilly Latuconsina.

Sebenarnya apa perbedaan mendasar antara makeup barat dan makeup Korea? Mana yang lebih sesuai untuk kita? Sebaiknya simak penjelasan singkat di bawah ini terlebih dahulu.

Base Makeup

Dasar riasan gaya Amerika khas dengan tampilan kulit yang matte, full coverage, dan mulus. Makeup gaya Amerika menggunakan foundation cair atau foundation stick yang cocok dengan warna kulit. Gaya ini akan memberikan hasil akhir yang lebih tahan lama dan bebas kilap.

Sementara dasar riasan gaya Korea adalah tampilan kulit yang berkilau alami untuk memberikan kesan muda. Karena itu perempuan Korea lebih suka menggunakan BB cream atau CC cream yang mengandung SPF dan anti aging daripada menggunakan foundation.

Riasan Mata

Gaya riasan mata ala Amerika sangat berani dalam pengaplikasian warna. Eyeshadow yang dipakai adalah warna yang lebih gelap seperti hitam, abu-abu, atau bronze. Gaya smokey menjadi favorit untuk riasan mata dan tidak jarang digunakan untuk tampilan sehari-hari. Bulu mata palsu juga dipakai dengan maskara tebal sehingga terkesan menonjol, berani dan seksi. Demikian pula dengan eyeliner diaplikasikan dengan tebal dan menonjol.

Sementara gaya riasan mata ala Korea lebih menyukai gaya natural dengan menggunakan eyeshadow berwarna pastel atau soft seperti pink, peach, coklat beige, dan warna lain-lain yang cerah. Eyeshadow dipulaskan secara sederhana di kelopak mata. Eyeliner juga diaplikasikan secara minimalis.

Contouring

Dalam riasan gaya Amerika, contouring merupakan hal wajib untuk membantu membentuk garis rahang, hidung, dan dahi sehingga membuat wajah lebih tirus. Sementara riasan ala Korea jarang menggunakan contouring, tapi memilih memakai highlight untuk mencerahkan bagian-bagian wajah agar memberi kesan berkilau alami.

Concealer

Orang Amerika menggunakan concealer di banyak bagian wajah untuk menyembunyikan noda dan bintik-bintik. Sedangkan orang Korea menggunakan concealer hanya untuk menyembunyikan lingkaran hitam di mata.

Bibir

Riasan gaya Amerika menyukai bibir yang penuh seperti bibir Kylie Jenner. Warna-warna yang digunakan bold, gelap, dan nude yang full matte. Lip liner juga sangat diperlukan untuk membentuk bibir supaya terlihat lebih besar dan sensual.

Sedangkan gaya makeup Korea ingin menampilkan kesan bibir yang mungil. Teknik yang sering dipakai adalah ombre lips dengan menggunakan lipstick berwarna soft seperti pink, peach, dan warna-warna natural.

Alis

Alis gaya makeup Amerika memberikan tampilan bold dengan bentuk yang melengkung dengan sudut tajam. Sementara gaya Korea lebih menyukai gaya alis yang lurus dengan warna yang tidak terlalu gelap. Bulu-bulu alisnya diarsir secara natural agar terlihat alami.

Untuk memutuskan style makeup mana yang lebih cocok untuk Anda, sebaiknya putuskan tampilan seperti apa yang Anda inginkan. Jika Anda ingin terlihat muda dan natural, silakan adopsi gaya makeup Korea. Jika Anda lebih suka bergaya glamor, maka makeup barat yang paling pas untuk Anda.

0 komentar:

Posting Komentar