Senin, 25 Juni 2018

Ini lima negara destinasi populer traveler Indonesia-pelanggan JavaMifi


Aktivitas kantor dan sekolah mulai normal pada pekan ini, setelah libur panjang hari raya Lebaran sejak bulan lalu. Periode libur panjang yang berdekatan dengan libur anak sekolah di tengah tahun ini mendorong orang pergi berlibur, baik single maupun keluarga. Bisa dikatakan kegiatan liburan di musim ini sangat tinggi.

Terkait tingginya kegiatan liburan ini, JavaMifi, brand lokal penyedia layanan sewa pocket Wifi bagi traveler Indonesia, memiliki data menarik berdasarkan pemesanan pelanggannya selama periode libur Lebaran 2018, mulai Juni hingga pertengahan Juli.

Berdiri 2015, JavaMifi menyediakan koneksi internet 4G bagi traveler Indonesia yang pergi ke luar negeri, baik berlibur maupun urusan bisnis, dengan jangkauan lebih dari 150 negara. Saat ini JavaMifi bekerja sama dengan berbagai operator seluler besar di Indonesia untuk menghadirkan internet stabil. Layanan JavaMifi mencakup seluruh wilayah Indonesia termasuk 10 bandara international sebagai pickup point-nya.

Data JavaMifi menggambarkan, ada lima destinasi wisata teratas yang dikunjungi traveler Indonesia yang juga pelanggan JavaMifi. Pertama, Jepang, dikunjungi oleh 24,1 persen pelanggan JavaMifi. Kedua, Eropa dikunjungi 17,5 persen pelanggan; Singapura (12,5 persen); Tiongkok termasuk Hong Kong dan Makau (8,4 persen); dan Australia-Selandia Baru (7,9 persen).

Andintya Maris, Founder JavaMifi, menjelaskan Jepang menunjukkan grafik stabil menjadi destinasi utama traveler Indonesia, sejak musim mekarnya bunga Sakura di April hingga Juli lalu. Sedangkan bagi traveler yang mempersiapkan rencana liburan jauh-jauh hari dan memiliki bujet tersendiri, lebih suka memilih benua Eropa untuk menghabiskan waktu libur mereka, baik Eropa Barat maupun Eropa Timur.

Singapura, tetap menjadi tujuan utama berlibur bagi mereka yang hanya perlu beberapa hari untuk menyegarkan pikiran. Banyaknya penerbangan terjangkau dan jarak tempuh yang pendek menjadikan negara tetangga ini menjadi pilihan ideal bagi traveler. Menariknya, China dan Australia Selandia Baru masuk lima besar tujuan utama traveler Indonesia dengan menggeser Korea Selatan yang masuk kelompok lima besar di periode sebelumnya; April Mei.

"Data ini kami harapkan menjadi sampling untuk mengetahui tren destinasi wisata luar negeri, serta durasi favorit traveler Indonesia sepanjang libur Lebaran 2018," ujar Andintya Maris, Founder JavaMifi, dalam keterangannya di Jakarta.

JavaMifi juga mencatat durasi pemesanan pocket Wifi oleh traveler Indonesia. Kebanyakan penggunaan pocket Wifi berada di rentang 6 hingga 8 hari. Berikut lima durasi terbanyak yang dipesan pelanggan selama libur Lebaran:

1. Sewa tujuh hari: 10,47 persen pelanggan JavaMifi
2. Enam hari: 9,96 persen
3. Delapan hari: 9,45 persen
4. Sepuluh hari: 8,58 persen
5. Sebelas hari: 8,48 persen

Terkait perilaku pemesanan pelanggan, JavaMifi mengungkapkan tren pemesanan langsung melalui website dan platform chat yang dimiliki JavaMifi masih cukup mendominasi, yaitu 83,2 persen dari total pelanggan. Sisanya, 16,8 persen, datang dari OTA (Online Travel Agency).

Secara umum negara-negara Asia masih mendominasi tujuan utama traveler Indonesia di musim Lebaran lalu. Kami menantikan data menarik lain di musim libur berikutnya untuk beberapa negara yang perlahan mulai dilirik traveler Indonesia seperti India dan Turki, pungkas Andintya.

0 komentar:

Posting Komentar