Senin, 25 Juni 2018

Dunia 5G makin dekat, apa dampaknya bagi kehidupan manusia nantinya?


Konektivitas 5G akan mengubah hidup kita dengan cara yang bahkan tidak dapat kita bayangkan saat ini. Perkiraan sementara ini adalah nanti pada tahun 2020 dan 2035, penerapan 5G akan memberikan kontribusi pada PDB (Produk Domestik Bruto) global nyata yang setara dengan ukuran ekonomi India. Pada 2035 nanti, nilai 5G akan mendukung 22 juta pekerjaan di seluruh dunia dan menghasilkan output ekonomi sebesar USD 12,3 Triliun. So, yeah! Konektivitas 5G bisa sangat berdampak besar. semua operator hingga pembuat perangkat sangat tertarik untuk segera merasakan 5G.

Awalnya, 5G tidak akan diluncurkan hingga 2020, namun seperti perusahaan yang mengembangkan teknologi 5G memutuskan memajukan tanggal rilis dan kita akan segera melihatnya di tahun 2019 nanti. Baru-baru ini laporan datang bahwa sejumlah perusahaan telekomunikasi melakukan pengujian. Di Inggris, Vodafone dan EE telah mengumumkan rencana untuk mengadakan uji coba di kota-kota seluruh Kepulauan Inggris. Di sisi lain, Verizon, AT&T, T-Mobile, dan Sprint sangat bersemangat membuat rencana serupa dalam pengujian konektivitas 5G.

Di samping itu, smartphone pertama yang bakal memiliki dukungan konektivitas 5G bakal hadir pula pada tahun 2019 nanti. Ini semakin membuat para operator bersemangat menyambut hal tersebut.

Jadi dengan semua kegembiraan dan obrolan umum mengenai 5G ini, kami berpikir itu akan menjadi ide yang baik untuk menunjukkan kepada Anda hal-hal yang terlihat dalam beberapa tahun ke depan. Untuk menguraikan teknologi inti yang akan membuat semuanya menjadi mungkin. Dalam penulisan artikel ini, kami telah menghimpun berbagai informasi dari sejumlah sumber seperti Qualcomm yang berada di garis depan mengembangkan 5G dan modem X20 barunya yang akan mulai membawa kemamouan 5G di smartphone tahun depan.

5G menawarkan banyak kemungkinan baru yang menarik dalam kehidupan

Bagaimana dampak 5G dalam kehidupan? 5G bertindak sebagai 'sesuatu' yang membuat berbagai hal lebih efisien.

Misalnya saat alarm pagi Anda berbunyi dan Anda mematikannya seperti biasa. Dengan adanya 5G, saat Anda mematikan alarm, itu adalah sekaligus pemicu kran bak mandi Anda meyala untuk mengisi air dan menggerakan rutinitas pagi Anda lainnya. Semuanya terhubung cepat. beberapa hal tidak akan banyak berubah, tetapi ketika Anda meninggalkan rumah dan membatasi jaringan Wi-Fi Anda, semuanya akan terasa berbeda. Mulai dari mengunduh film dalam hitungan detik, mengakses Smart City lebih efisien, lebih cepat, dan lain sebagainya.

Saat di dalam mobil, Anda akan merasa jauh lebih aman dengan kendaraan otonom karena kekuatan teknologi 5G. Anda tahu bahwa kendaraan Anda akan berkomunikasi dengan kendaraan lain di jalan untuk menghindari tabrakan. Tidak hanya itu, mobil Anda juga akan dapat melihat sudut-sudut dengan teknologi baru yang memungkinkan Anda mengetahui segalanya. Termasuk dalam beberapa meter di depan ada kemacetan, penyumbatan saluran air yang memungkinkan Anda harus memutar arah mengambil jalur lain. Itu terjadi otomatis.

Bahkan komunikasi V2V (Kendaraan ke Kendaraa) memungkinkan mobil Anda secara efisien menyadari di mana dia berada saat itu secara real time. Sehingga dapat melihat berbagai sudut lain dari apa yang mereka dapat melalui rekaman langsung kamera mobil di sebalahnya.

Itu hanya masalah mobil. Belum pada kecanggihan lainnya. Saat Anda berada di Jakarta, namun Anda harus menghadiri pertemuan bersama klien di Banjarmasin (misalnya) pada saat itu juga, tidak perlu khawatir. Anda hanya perlu menggunakan headset VR dan kini Anda sudah berada di Banjarmasin untuk memulai rapat bersama dalam kesempatan yang sama. Menarik, bukan?

Teknologi baru ini akan meningkatkan kehidupan semua orang. Apakah Anda tinggal di kota, atau di daerah pedesaan, hal yang indah tentang 5G adalah bahwa itu sangat beragam. Seorang petani dapat memantaui tanaman mereka menggunakan drone, memantau kesehatan tanaman mereka melalui analisis database di tablet mereka dengan nyata. Bahkan perusahaan distribusi dapat memantau truk yang dijadikan sebagai pengirim barang guna memastikan semuanya berjalan lancar.

Kesimpulan

Jelas bahwa 5G akan mempengaruhi kehidupan kita dalam beberapa dekade mendatang. Namun tentu saja semua yang digambarkan dalam artikel ini tidak langsung terjadi saat 5G benar-benar dirilis. Termasuk kendaraan otonom yang kami rasa masih jauh untuk dapat direalisasikan.

Akan tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa nantinya teknologi 5G akan dapat mempermudah kehidupan kita menjadi lebih efisien.

0 komentar:

Posting Komentar